Trik Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Deeko | Artdeeko.com – Ada banyak trik menjadikan rumah sejuk tanpa AC. Caranya pun cukup sederhana dan mudah. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Negara Tropis

Indonesia sebagai negara tropis dengan cahaya matahari berlimpah. Membuat hunian yang sehat pun lebih mudah, walau pun kadang-kadang suhunya cukup panas. Disisi lain, curah hujan juga tinggi, angin yang berhembus pun cukup kencang, dan kelembapan juga tinggi.

Naiknya suhu belakangan ini membuat banyak masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong membeli pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Terlebih saat ini harga AC cukup murah. 

Padahal jika kalian menggunakan jasa arsitek dalam perancangan hunian, bisa saja rumah tetap sejuk tanpa AC. Karena seorang arsitek yang mendesain rumah tropis bisa merancang rumah dengan memaksimalkan fungsi jendela, pintu, atau bukaan lainnya, agar hunian sejuk tanpa AC.

Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Menggunakan AC memang cara paling mudah untuk membuat suhu ruangan dingin. Akan tetapi penggunaan AC tidak jarang membuat pengeluaran bulanan membengkak.

Jadi bagi kalian yang ingin berhemat, kalian bisa sejumlah cara mudah dan murah berikut ini untuk membuat rumah kalian tetap sejuk meski tidak menggunakan AC.

1# Memasang Kipas Angin

Cara paling sering digunakan untuk membuat ruangan sejuk adalah dengan kipas angin. Kalian bisa memasang kipas angin dibeberapa sudut rumah.

saat ini ada banyak pilihan kipas angin mulai dari yang dipasang di dinding, di plafon, kipas angin untuk di meja, hingga kipas angin dengan dudukan yang tinggi.

Jika kalian mementingkan estetika, pilih kipas angin plafon yang mempunyai bentuk dan ukuran beragam. 

2# Cat Eksterior Anti Panas 

Teknologi yang semakin maju juga memberikan dampak positif untuk perkembangan teknologi bangunan. Salah satunya dengan adanya cat eksterior yang bisa mengurangi panas.

Cat ini dirancang untuk mengurangi penyerapan sinar matahari dan memantulkannya kembali. Saat kalian menggunakan cat eksterior anti panas suhu di dalam ruangan bisa turun 2-3 derajat dari temperatur di luar rumah.

3# Mematikan Peralatan Elektronik yang Menghasilkan Panas 

Masih suka abai mematikan lampu di siang hari? Selain menghemat listrik, mematikan lampu di siang hari juga merupakan trik agar ruangan tetap sejuk.

Matikan juga peralatan elektronik lainnya yang tidak dipakai, apalagi yang menghasilkan panas.

4# Membuka Jendela

Membuka jendela selain membuat ruangan lebih sejuk, tapi juga bagus untuk sirkulasi rumah.

Jika kalian sedang libur dan tidak berencana bepergian, kenapa tidak membuka pintu dan jendela rumah saja? Duduk di sofa dengan semilir udara sejuk juga bagus untuk membuat mood kalian lebih baik.

5# Menaruh Tanaman Indoor

Menempatkan tanaman indoor tidak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan saja. Tapi juga membuat sejuk. Ada banyak jenis tanaman indoor yang mempunyai fungsi untuk menyerap racun dan radiasi.

Tanaman akan menghasilkan oksigen disiang hari yang tentunya akan menghasilkan rumah sejuk tanpa pendingin ruangan. Akan tetapi di malam hari tanaman akan menghasilkan karbondioksida. Jadi tetap bijak dalam menempatkan tanaman di rumah ya.

Kesimpulan

Membuat hunian yang nyaman dan sehat tentu dambaan setiap orang. Jika kalian ingin mendapat hasil terbaik, gunakan jasa arsitek untuk mendesain hunian tropis kalian.

Semoga tips membuat rumah sejuk tanpa AC ini bermanfaat ya.

Salam,
artdeeko.com

Tinggalkan komentar